Dev. Fallout New Vegas Sempat Ajukan Garap Spinoff The Elder Scrolls, Ditolak oleh Bethesda

Spinoff The Elder Scrolls – Bethesda dan Obsidian adalah dua studio yang berbeda, namun memiliki kemiripan pada portfolio game yang mereka buat. Keduanya sama-sama membuat game RPG dengan banyak keunikan dari segi cerita maupun gameplay.

Baru-baru ini dikabarkan bahwa Developer Fallout New Vegas pernah mengajukan untuk membuat Spinoff The Elder Scrolls, namun ditolak oleh Bethesda. Kenapa?

Developer Fallout New Vegas Sempat Ajukan Garap Spinoff The Elder Scrolls, Ditolak oleh Bethesda

Bethesda menjadi pemilik dan developer utama dari franchise Fallout sejak game ketiga, tetapi Obsidian sempat membuat spinoff berjudul Fallout: New Vegas yang dianggap sebagai iterasi terbaik dari seri tersebut meski miliki waktu pengembangan jauh lebih singkat dan sumber daya produksi yang lebih minim.

Namun tampaknya Fallout tak menjadi satu-satunya franchise yang Obsidian ingin “pinjam” saat itu. Mereka ternyata juga sempat membuat proposal untuk membuat spinoff game Bethesda lainnya yakni The Elder Scrolls.

Hal ini disampaikan oleh co-founder dan mantan CCO dari Obsidian Entertainment, Chris Avellone yang curhatkan beberapa pengalamannya sebagai developer game di Twitter/X.

Menurutnya, setelah perilisan New Vegas di tahun 2010, Obsidian berharap dapat mendapat restu dari Bethesda agar dapat membuat lebih banyak game Fallout lagi. Tak hanya itu, dia juga beberapa kali membuat proposal untuk menggarap spinoff The Elder Scrolls, namun semuanya ditolak oleh Bethesda.

“Benar sekali. Salah satu proposal The Elder Scrolls (yang saya ajukan) dimaksudkan berfungsi layaknya FNV di antara F3 dan F4, yakni untuk memberikan petualangan tambahan selagi produksi game Bethesda selanjutnya.”

Chris Avellone

Tak dijelaskan apa alasan dibalik penolakan tersebut khususnya dengan New Vegas mendapat resepsi yang sangat luar biasa positif bertahun-tahun kemudian setelah perilisannya. Namun yang pasti ialah Bethesda tampaknya takkan lagi “outsource” franchise mereka ke studio luar meski Fallout dan The Elder Scrolls belum lagi dapatkan game baru dalam waktu dekat.

The Elder Scrolls 6 disebut masih dalam tahap pre-produksi sementara Fallout 5 belum ada kabar sama sekali selain dari game tersebut takkan meluncur hingga The Elder Scrolls baru keluar.

Obsidian dan Bethesda Kini Sama-Sama Dipegang Xbox

Menariknya ialah kini kedua studio tersebut kini telah dipegang oleh satu perusahaan yang sama yakni Xbox, membuat keduanya menjadi “saudara” dan mempermudah Bethesda untuk pinjamkan franchise mereka ke Obsidian.

Tetapi tampaknya kemungkinan adanya spinoff seperti Fallout New Vegas masih kecil, setidaknya untuk saat ini karena kedua studio tengah sibuk dengan deretan proyek mereka masing-masing.

Obsidian kini tengah kembangkan The Outer Worlds 2, seri yang ditujukan sebagai suksesor Fallout dan juga Avowed yang menjadi game RPG fantasi dengan formula khas The Elder Scrolls. Maka pada akhirnya Obsidian terlihat sudah move on ingin meminjam properti milik Bethesda dan ciptakan game sendiri yang terinspirasi dari game milik Todd Howard Cs.

Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang The Elder Scrolls beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries.

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Demuonhotel. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.